10 Spot Foto Cantik Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur jepara adalah salah satu pantai yang terletak di Desa Telukawur, kecamatan Tahunan Kabupaten jepara jawa tengah. Pantai ini berjarak 4 km dari pusat kota Jepara. Di Pantai ini terdapat hamparan pasir putih yang luas serta banyaknya pohon mangrove yang berfungsi sebagai peneduh juga sebagai penahan abrasi pantai.

Di pantai ini juga terdapat banyak cafe hotel atau resort dan penginapan di pinggiran pantai . Jadi bagi kalian yang wisatawan dari luar kota tak perlu khawatir. Kalian bisa menginap di hotel atau resort dengan tarif yang terjangkau. Karena banyak resort di pinggir pantai, kalian bisa menikmati keindahan pantai ini dari area resort.

Pantai Teluk Awur jepara ini selalu ramai setiap harinya, terutama saat weekend sabtu dan minggu. Terutama saat sore hari banyak muda-mudi yang datang ke pantai jepara ini untuk menikmati sunset atau pemandangan matahari terbenam.

Asal-usul Nama Pantai Telukawur Jepara

Cerita Asal-usul nama Telukawur adalah dari seorang wali atau cikal-bakal desa setempat. Wali tersebut adalah Syeikh Abdul Aziz dan istrinya yaitu Den Roro Kemuning. Syeikh Abdul Aziz berasal dari Timur Tengah yang datang ke Indonesia khususnya ke jepara untuk menyebarkan agama Islam. Selain menyebarkan agama Islam, beliau mengisi kesehariannya dengan bekera di ladang.

Sementara Sang istri Den Roro Kemuning dikenal memiliki paras yang sangat cantik layaknya bidadari khayangan, setiap kali suaminya selalu datang ke rumah untuk melihat wajah istrinya sebelum pekerjaan di ladangnya selesai. Suatu waktu Den Roro Kuning meminta suaminya untuk melukis dirinya, supaya tidak selalu perlu pulang ke rumah untuk melihatnya sebelum pekerjaannya di ladangnya selesai.

Setelah itu sang suami pun selalu membawa lukisan istrinya saat bekerja ke ladang. Namun pada suatu hari lukisan istrinya tersebut terbang terbawa angin hingga jatuh di istana Raja Joko wongso.

Sang raja terpana melihat betapa cantiknya lukisan itu, sang raja pun memerintahkan prajuritnya untuk mencari sosok orang di lukisan tersebut menemukannya. Setelah berhasil membawa Den Roro Kuning ke istana, sang raja memintanya untuk menjadi permaisuri untuk menemani ya.

Sementara itu ketika Syeikh Abdul Aziz pulang ke rumah, dia mendapati istrinya tidak ada. Dan mendengar kabar bahwa prajurit kerajaan membawa istrinya ke istana. Beliau pun menyamar menjadi seorang pengamen dengan bermain kentrung (musik tradisional asal jepara). Den Roro Kemuning yang mendengar suara suaminya dan meminta pengawal istana untuk menyuruh pengamen tersebut masuk ke istana.

Pertemuan mereka pun terjadi, dan mereka merencanakan untuk menjebak Raja Joko wongso. Tipu muslihat pun dilakukan, Den Roro Kuning menemui sang raja dan mengatakan bersedia untuk dinikahinya asal sang raja mau mencarikan kerang (kijing) tapi dengan menggunakan pakaian nelayan.

Karena hasrat sang raja begitu tinggi untuk menikahi Roro Kuning yang begitu cantik, sang raja pun menerima syarat tersebut. Kemudian Syeikh Abdul Aziz memakai pakaian sang raja dan memerintahkan untuk menangkap nelayan yang telah menjadi mata-mata.

Singkat cerita prajurit bertemu dengan Raja yang yang sedang mencari kerang untuk Roro Kemuning, namun para prajurit memukulinya karena dianggap sebagai mata-mata . Sang raja berkata teluk,teluk,teluk, namun prajurit tak menghiraukannya. Sampai akhirnya raja itu pun sekarat. Sebelum meninggal sang raja mengatakan kepada para prajuritnya, aku sudah berkata teluk aku rajamu, tapi kalian tetap saja ngawur.

Berdasarkan cerita tersebut lokasi atau desa tersebut akhirnya disebut dengan nama Teluk Awur.

Fasilitas Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Telukawur jepara ini di kelola oleh pemerintah desa Telukawur, sehingga sudah di sediakan banyak fasilitas penunjang untuk wisatawan seperti :

. Pantai
• Taman
• Banana Boat
• Kamar Bilas
• Dermaga
• Kid’s Park
• Penginapan, hotel, resort
• Warung Makan/cafe
• Mushola

Lokasi Pantai Teluk Awur Jepara

Lokasi Pantai Teluk Awur berada di Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah atau 4 km dari pusat kota jepara.

Untuk rute menuju ke wisata Pantai Teluk Awur jepara ini sangat mudah di akses. Jika kalian bergerak dari Kota Jepara, hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja. Yaitu dari alun-alun kota jepara ke selatan terus sampai ke perempatan lampu merah mantingan. Dari perempatan mantingan ini kalian belok kanan atau ke barat lurus saja sampai ke wisata pantai Teluk Awur jepara. Jika kalian masih bingung takut kesasar, kalian bisa ikut saja petunjuk jalan atau bisa juga menggunakan Google maps.

4.2/5 - (21 votes)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KKN-IK IAIN Kudus tahun 2022 Pemberdayaan daun mangrove sebagai potensi desa

Rab Okt 5 , 2022
Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus tahun 2022 di desa Kalianyar kecamatan Kedung kabupaten Jepara bersama ibu-ibu PKK membuat keripik berbahan dasar daun mangrove (2/10). Desa Kalianyar yang didominasi dengan wilayah pesisir menjadikannya banyak terdapat tumbuhan mangrove yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi dan abrasi dari air pantai. “Disini itu potensinya banyak […]
Kkn iain kudus

Tranding