5 Masjid Bersejarah Di Kota Jepara Wajib Tahu

Jepara merupakan salah satu kota penyebaran agama islam di pulau jawa banyak masjid peninggalan bersejarah di sana. Lokasinya yang berada di pesisir pantai utara jawa dan juga dekat dengan kerajaan islam pertama di pulau jawa yaitu kerajaan demak. Jepara juga pernah di pimpin oleh seorang pangeran islam yaitu sultan hadirin bersama istrinya ratu kalinyamat yang merupakan putri dari raja demak.

Itu di tandai dengan banyaknya peninggalan-peninggalan islam seperti masjid dan makam-makam para wali sebagai bukti islam berkembang pesat di kabupaten jepara. Nah berikut ini 5 masjid bersejarah peninggalan islam di jepara.

  1. Masjid Astana Mantingan
Masjid mantingan
Masjid makam mantingan jepara salah satu masjid tertua yang ada di indonesua

Masjid astana mantingan ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di pulau jawa setelah masjid wali demak. Masjid yang penuh sejarah ini di bangun pada tahun 1559 atau pada masa kerajaan islam demak. Saat itu jepara di pimpin oleh Ratu Kalinyamat yang merupakan putri dari kerajaan Demak Sultan Trenggono. Masjid Mantingan ini dibangun sebagai persembahan Ratu Kalinyamat untuk suaminya tercinta yaitu Sultan Hadlirin yang tewas setelah perselisihan dengan arya penangsang. Di komplek masjid ini terdapat makam sultan hadirin, ratu kalinyamat. Lokasi masjid ini berada di desa mantingan kecamatan tahunan jepara.

2. Masjid Agung Baitul Makmur Jepara

Masjid bersejarah jepara

Masjid agung baitul makmur ini juga merupakan masjid bersejarah di kabupaten jepara. Masjid ini di bangun oleh Pangeran Arya Jepara yang merupakan anak angkat dari Ratu Kalinyamat. Masjid ini di bangun sekitar tahun 1600an dan mengalami renovasi sebanyak tiga kali yaitu tahun 1686, 1929, dan 1989.

Masjid agung ini letaknya sangat setrategis berada di tengah kota dekat dengan pendopo kabupaten dan juga alun-alun jepara. Tepatnya berada di jalan kartini kelurahan Kauman Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara.

3. Masjid Jami’ Al-makmur Kriyan

foto: istimewa

Masjid Jami’ Al-Makmur Kriyan merupakan salah satu masjid tua di Kabupaten Jepara. Masjid ini berada di desa kriyan kecamatan kalinyamatan jepara dibangun oleh Raden Kusuma Abdul Jalil atau Mbah Sidiq, yang merupakan putra dari Raden Abdul Kadir Syarif Hidayatullah Cirebon atau Sunan Gunungjati salah satu wali songo. Masjid ini sudah direnovasi secara total menjadikan masjid ini terlihat megah sekarang. Pemugaran pertama pada tahun 1938 dan pemugaran ke 2 tahun 2018.

4. Masjid Baiturrohman Robayan

Masjid Baiturrohman ini terletak di desa robayan kecamatan kalinyamatan jepara. Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua di jepara karena di yakini di bangun sebelum masa penjajahan belanda. Menurut cerita sejarahnya masjid ini dibangun oleh seorang pembabat alas yaitu Mbah Roboyo yang sekarang menjadi desa robayan. Di desa robayan ini ada 2 masjid tua yaitu masjid bauturrohman 1 dan masjid bauturrohman 2.

5. Masjid An-nur sendang

Masjid annur 1
masjid annur 2

Masjid An-Nur ini juga merupakan salah satu masjid tertua di jepara. Berada di desa sendang kecamatan kalinyamatan jepara masjid ini di bangun pada masa bupati Ciptosumo III yaitu sekitar tahun 1755 atau pada masa penjajahan belanda. Di sini ada masjid Annur 1 dan masjid Annur 2. Ada makamnya juga di masjid ini.

Itulah 5 masjid bersejarah yang ada di kabupaten jepara. Sebagai bukti kalau islam masuk ke wilayah jepara sudah sejak dulu. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Masjid Mantingan Salah Satu Masjid Tertua Di Indonesia

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Buruh Polres Jepara Bagikan Sembako Kepada Para Buruh

Jum Mei 1 , 2020
Peringatan hari buruh 1 mei di kabupaten jepara tahun ini sedikit berbeda dari biasanya. Pasalnya tidak ada demo aki turun ke jalan karena ada wabah virus corona. Dalam rangka hari buruh polres jepara kembali menggelar bakti sosial dengan membagikan ratusan paket sembako kepada para buruh di jepara sebagai dampak dari […]