Air Terjun Songgo Langit Wisata Hits Di Jepara

Air terjun songgo langit
Foto instagram @septiani.pratiwi

Kabupaten jepara memang mempunyai banyak sekali tempat wisata mulai dari wisata pantai, kepulauan karimunjawa, waterboom, wisata sejarah, hingga wisata alam. Nah di jepara ini juga mempunyai banyak sekali wisata air terjun. Salah satunya yaitu air terjun songgo langit jepara. Air terjun ini adalah air terjun nomer satu di jepara ya karena paling ramai, fasilitasnya yang cukup lengkap dan akses jalan yang sudah sangat bagus.

Air terjun songgo langit ini berada di desa bucu kecamatan kembang kabupaten jepara. Ya atau sekitaran 30 km dari pusat kota jepara. Kalau kalian dari kota jepara jalian tinggal utara ke arah keling. Sesampainya di kembang nanti ada plang wisata songgo langit. Kalian tingga ikuti plang tersebut sampai ke lokasi. Kalau kalian masih bingung kaluan tinggal buka aja google maps. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Tempatnya yang berada di lereng gunung membuat tempat ini masih sangat asri dengan hijaunya pepohonan yang rindang.

Air terjun ini juga sudah mulai di tata dan di kelola sebagai tempat wisata. Penambahan fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan dan spot-spot foto baru membuat tempat ini semakin ramai di kunjungi oleh wisatawan. Apalagi saat musim liburan seperti ini bisa sampai ribuan ya pengunjungnya. Tapi pengunjung di larang berenang di bawah air terjun ini karena ada palung sedalam 8 meter yang juga pernah memakan korban.

Legenda Air Terjun Songgo Langit

Foto instagram @shely_rosalia

Air terjun songgo langit ini juga memiliki legenda atau cerita rakyatnya lo. Menurut cerita secara turun-temurun dulunya di kisahkan ada seorang laki-laki dari desa tunahan yang jatuh cinta dengan seorang gadis cantik dari desa bucu. Kedua desa tersebut merupakan dua desa yang di pisahkan oleh sungai songgo langit. Keduanya pun akhirnya memutuskan untuk menikah. Pada zaman dulu dalam prosesi lamaran sang laki-laki tersebut melamarnya dengan membawakan perabotan dapur seperti wajan, piring, dandang, serta membawa hewan ternak seperti kerbau, sapi, dan kambing.

Nah pada suatu pagi sang istri berniat membuatkan sarapan untuk suaminya. Ternyata sang istri kurang hati-hati tanpa di sengaja menjatuhkan piring hingga pecah. Sang mertua pun menegur “jangan glondangan nanti istrimu bangun”. Ternyata sang suami mendengarnya “kerja kok gaduh, memangnya barang bawaan suamimu”. Sang suami yang tersinggung.

Kemudian memutuskan untuk pergi bersama istrinya dari rumah. Mereka berencana pulang ke rumah suaminya dengan mengendarai gerobak yang di tarik oleh sapi. Nah saat melewati sungai yang ada di atas air terjun gerobak sapi yang mereka tuggangi kesasar dan masuk jurang yang sangat dalam (yang sekarang di namakan air terjun songgo langit). Sepasang pengantin tersebut hilang dan tidak ada yang tau keberadaanya hingga sekarang.

Legenda tersebut masih melekat di kedua desa tersebut hingga sekarang. Bahkan ada yang percaya kalau sepasang pengantin tersebut adalah sosok penunggu air terjun songgo langit tersebut. Dari cerita legenda juga di percaya dapat membuat orang yang menggunakannya dapat menjadi awet muda. Jepara kota ukir.

Baca juga: Pantai ngelak spot mancing terbaik di jepara

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Libur Tahun Baru Objek Wisata Di Jepara Dipenuhi Wisatawan

Rab Jan 1 , 2020
Libur tahun baru 2020 kali ini nampaknya dimanfaatkan oleh warga jepara untuk liburan. Itu terlihat dari sejumlah tempat wisata di kabupaten jepara yang di padati wisatawan rabu (1/1/2020). Wisata pantai kartini, pantai bandengan dan pantai teluk awur sudah ramai sejak pagi hari. Jalan-jalan di kota ukir menuju kawasan tempat wisata […]
Wisata jepars