Asal-Usul Air Terjun Jurang Nganten Jepara

Gaes kabupaten jepara adalah salah satu kota yang berada di pesisir utara jawa tengah. Meskipun berada di pesisir, kabupaten jepara ini juga di apit oleh gunung muria. Nah di lereng gunung muria ini terdapat banyak air terjun. Salah satunya yaitu air terjun jurang nganten yang berada di desa tanjung kecamatan pakis aji jepara. Air terjun ini itu menyimpan suatu misteri atau cerita rakyat secara turun-temurun.

Jurang nganten
Keindahan air terjun jurang nganten jepara
Foto: instagram @aditya_pernama15

Air terjun jurang nganten ini merupakan objek wisata alam yang berada di lereng gunung muria. Tempatnya yang masih asri dengan pemandangan air terjun yang indah membuat air terjun ini semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun ternyata air terjun ini menyimpan kisah pilu sepasang pengantin.

Asal-usul Air Terjun Jurang Nganten

Air terjun jurang nganten ini mempunyai cerita legenda di kalangan masyarakat sekitar secara turun-temurun. Di kisahkan pada zaman dahulu kala ada sepasang kekasih yang saling jatuh cinta. Namun hubungan percintaan mereka tidak direstui oleh orang tuanya. Akhirnya sepasang kekasih tersebut memutuskan pergi meninggalkan desanya. Mereka memutuskan untuk kawin lari dengan mengendarai kereta yang di tarik dengan kerbau (jaman dulu belum ada mobil) . Mereka pergi menyusuri sungai di malam hari yang gelap (jaman dulu belum ada lampu listrik). Karena gelap sepasang pengantin tersebut akhirnya terperosok kedalam jurang.

Di jurang tersebut terdapat air terjun dari atas jurang yang kemudian masyarakat sekitar menamainya sebagai air terjun jurang nganten. Sang pengantin putri yang jatuh ke dalam jurang tersebut konon menjelma menjadi klanceng putih. Dan di setiap ada penampakan klanceng putih di sekitar kawasan air terjun tersebut itulah di percayai itulah jelmaan sang pengantin tersebut. Sementara kerbau penarik kereta yang juga jatuh konon menjelma menjadi batu besar yang sekarang ada di bawah air terjun.

Nah jika kaluan penasaran dengan air terjun penuh misteri ini kalian bisa datang langsung ke sana. Tempatnya berada di lereng gunung muria tepatnya berada di desa tanjung kecamatan pakis aji jepara. Air terjun ini sekarang sudah mulai di kelola menjadi tempat wisata. Rute air terjun jurang nganten ini Sekitar 26 km dari kota jepara. Melewati desa plajan ke timur terus sampai desa tanjung. Setelah itu kalian bisa tanya-tanya ke warga sekitar karena belum begitu banyak petunjuk arahnya.

Air terjun tersebut mempunyai ketingian sekitar 50 meter. Berupa terjunan air yang mengucur pada dinding bukit yang tegak. Di lokasi air terjun ini masih cukup sepi dan tenang karena masih jarang di kunjungi oleh orang. Suasananya yg masih asri, sejuk dan tenang serta rutenya mengacu nyali membuat tempat ini layak untuk di jelajahi bagi pecinta petualang. Disarankan kalau ke sana pas musim hujan ya karena air terjunnya bisa mengalir sangat deras. Kalau datang pas musim kemarau air terjunnya mengalir kecil bahkan bisa tidak mengalir sama sekali.

Beri rating dan ulasan

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Tawon Ndas Vespa Menyerang 5 Warga Bondo Dilarikan ke Rumah Sakit

Kam Feb 27 , 2020
Tawon vespa atau ndas kembali menyerang warga di kabupaten jepara jawa tengah. Kali ini 5 orang warga desa bondo kecamatan bangsri jepara harus di larikan ke puskesmas dan rumah sakit akibat serangan tawon vespa tersebut kamis (27/2/2020). Mereka mengalami luka memar, benjol hingga sesak nafas. Penyerangan tawon terjadi kamis pagi […]