Cegah Corona, Pesta Lomban Jepara Tahun Ini Tidak Digelar

Pesta lomban jepara
Pesta_lomban_jepara
Foto: istimewa

Pekan syawalan atau pesta lomban merupakan salah satu tradisi di kabupaten jepara yang biasanya digelar setiap satu tahun sekali yaitu pada H+7 lebaran. Biasanya pesta lomban ini selalu menyedot ribuan wisatawan baik dari jepara maupun luar kota. Namun karena tahun ini ada wabah virus corona pesta lomban tahun ini tidak digelar dan hanya menyisakan pelarungan kepala kerbau dengan jumlah peserta yang dibatasi.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dan adanya larangan menggelar even atau kegiatan yang mengundang kerumunan massa sehingga kegiatan pesta lomban tahun ini ditiadakan. Ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, Senin (25/5/2020).

Pesta lomban jepara
Pesta lomban

Untuk pelarungan kepala kerbau yang merupakan ritual keyakinan atau sedekah laut oleh nelayan jepara tetap digelar dengan jumlah peserta yang terbatas. Ritual pelarungan kepala kerbau tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintahan Kelurahan Ujungbatu dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jepara.

Sementara untuk ziarah ke makam Mbah Ronggo (sesepuh setempat) nantinya hanya diikuti oleh maksimal 7 orang. Jadi tidak ada arak-arakan atau keramaian dalam prosesi pesta lomban besok.

Biasanya pekan syawalan digelar selama 7 hari setelah lebaran. Tempat-tempat wisata seperti pantai kartini, pantai bandengan, dan benteng portugis selalu ramai di oleh wisatawan. Puncaknya pada H+7 yaitu digelar pesta lomban yang merupakan even budaya paling di tunggu-tunggu oleh masyarakat jepara.

Hari terakhir liburan lebaran tersebut biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat jepara untuk berbondong-bondong melihat keramaian pesta lomban. Namun karena ada wabah virus corona tahun ini ditiadakan bahkan tempat-tempat wisata di jepara hingga kini masih di tutup hingga waktu yang belum ditentukan. Dikutip dari (jepara. goid)

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cafe Kampung Tambak Wisata Yang Lagi Hits Di Jepara

Sel Mei 26 , 2020
Kabupaten jepara seakan tidak ada habisnya kalau ngomongin soal wisatanya. Mulai dari pantainya, pegunungannya yang indah serta air terjunnya yang menawan. Kini ada lagi wisata baru yaitu kafe kampung tambak tanggul tlare jepara. Tempat ini sebenarnya adalah bekas tambak namun karena pengelolanya yang kreatif sehingga di sulap menjadi cafe kampoeng […]