Cerita Desa Bulak Baru, Desa Yang Tenggelam Karena Abrasi

Bulak baru
Abrasi desa bulak baru Foto instagram @kodim0719jepara

Desa bulak baru merupakan sebuah desa kecil yang berada di kecamatan kedung kabupaten jepara. Desa dengan 1000 penduduk ini dulunya bernama desa bulak yang merupakan pecahan dari desa bugel. Bulak singkatan dari = bugel ngelak atau bisa di artikan bugel yang dekat dengan lak atau laut. Di sebelah timur desa ini memang berbatasan dengan desa Bugel, Selatan desa Panggung utara desa Tanggul Tlare.

Desa bulak baru ini dulunya sangat di segani oleh desa lain karena memiliki kekayaan alam yang melimpah, pertanian yang subur, peternakan kerbau, hingga tangkapan nelayan yang melimpah. Dengan perekonomian warganya yang terbilang mapan. Namun sejak bencana alam melanda desa ini pun berubah drastis.

Pada tahun 1960 desa ini mengalami bencana yang mengakibatkan abrasi pantai. Pada tahun 1971 bencana kembali melanda desa ini. Seluruh rumah warga terkena musibah angin puting beliung dan puluhan rumah roboh yang juga menelan korban jiwa. Dengan swadaya warga akhirnya tahun 1971 desa ini di pindah atau direlokasi ke dekat jalan utama kedung Jepara. Banyak warganya yang bertransmigrasi dan menetap di kalimantan. Bekas desa bulak pun tenggelam oleh gerusan abrasi air laut.

Tahun 1983 badai ekstrim kembali melanda desa ini. Bisa dibilang tsunami kecil menerjang rumah-rumah penduduk, air laut menggenangi pemukiman warga. Warga pun mengungsi ke desa-desa tetangga seperti desa semat, desa panggung dan desa-desa terdekat lainnya. Tahun 1984 desa bulak baru kembali di pindah atau direlokasi ke wilayah Bugel oleh pemerintah saat itu. Sejak saat itu desa bulak menjadi desa bulak Baru dengan wajah baru, dan setiap rumah tertata rapi menghadap ke jalan.

Tahun 1985, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNDIP, Lapan dan Pemkab Jepara menjadikan desa Bulakbaru sebagai desa binaan dengan pogram penghijauan, pembangunan listrik tenaga angin, dan pembangunan sumur.

Desa bulak baru pun mulai berkembang hingga sekarang. Di bidang pendidikan desa ini mempunyai taman kanak-kanak Bahari, dan SDN Bulakbaru. Dalam kesehatan desa ini mempunyai poliklinik, dan bidan desa. Dalam bidang ekonomi, masyarakat bulakbaru bekerja di usaha meubel, tenun, tambak garam hingga nelayan.

Beri rating dan ulasan

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Wow, Persijap Jepara Juara Liga 3 2019

Ming Des 29 , 2019
Prestasi membanggakan di torehkan oleh Persijap Jepara. Tim kebanggaan warga jepara persijap ini berhasil juara liga 3 2019 setelah mengalahkan PSKC Cimahi pada partai final liga 3 yang di gelar di stadion pekansari cibinong bogor. Persijap menang 3 – 1 atas PSKC cimahi dan berhak menyandang mahkota liga 3 nasional. […]
Persijap juara liga 3