Dua Candi Peniggalan Sejarah Yang Ada di Jepara

Candi jepara
Candi angin yang berada di dukuh duplak desa tempur keling jepara

Kabupaten jepara selain mempunyai banyak wisata pantainya ternyata juga mempunyai wisata candi peninggalan sejarah. Yaitu candi angin dan candi bubrah yang berada di dukuh duplak kecamatan keling kabupaten jepara. Candi ini masih misterius karena tidak ada yang tahu kapan atau pada zaman apa di bangunnya dan siapa yang membangun candi tersebut.

Kedua candi ini terbilang unik karena candi angin ini berada diketinggian 1200MDPL di lereng gunung muria. Sementara candi bubrah berada sedikit di bawahnya. Untuk mencapai ke candi ini bisa lewat dukuh duplak desa tempur dengan waktu tempuh lebih 2 jam 30 menit. Dari perkampungan warga kita akan berjalan kaki menyusuri perkebunan kopi milik warga Duplak. Sesampainya di pemancar kita akan menaiki anak tangga kurang lebih 150an. Setelah itu kita akan naik terus menyusuri hutan lereng gunung muria. Di sepanjang perjalanan kita akan di suguhi pemandangan hijau gunung muria.

Candi bubrah

Setelah berjalan 2 jaman lebih kita akan sampai di candi bubrah. Di candi ini biasanya banyak yang menyalakan dupa untuk menhormati para leluhur kita yang menjaga di sana. Perjalanan belum selesai kita harus naik gunung lagi sekitar 15 menitan baru kita sampai di candi angin.

Candi angin ini memang belum jelas sejarah asal-usulnya. Namun para ahli memperkirakan candi ini lebih tua dari candi borobudur. Sebab di candi ini tidak ditemukan ornamen-ornamen dari hindu maupun budha seperti yang ada di candi borobudur. Banyak juga yang mengatakan kalau candi ini di bangun pada zaman kerajaan kalingga. Bahkan ada juga yang menyebut candi ini peninggalan zaman purba. Dinamakan candi angin karena menurut para ahli spirutual mereka melihat ada pusaran angiin di candi tersebut sehingga di namakan candi angin

Candi angin dan candi bubrah merupakan cagar budaya yang sekarang mulai di kelola oleh pemkab jepara sebagai tempat wisata. Bagi yang suka mendaki gunung atau tacking candi ini sangat cocok buat di kunjungi. Selain perjalanannya yang cukup menantang kalian juga bisa menemukan wisata candi yang berada di atas lereng gunung muria. Di atas gunung tersebut kalian juga bisa menikmati pemandangan PLTU tanjung jati B, desa tempur, dan laut benteng portugis dari atas ketinggian candi angin. Sangat menarik di kunjungi bukan wisata sejarah yang satu ini.

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pasar Ngabul Jepara Pusat Buah Durian Di Jepara

Sel Des 10 , 2019
Jepara selain terkenal dengan keindahan wisatanya, seni ukirnya juga terkenal dengan buah duriannya. Jika kalian penikmat buah durian kalian wajib ni berkunjung ke pasar ngabul kecamatan tahunan jepara. Karena di pasar ini merupakan pusat jual beli buah durian di kabupaten jepara. Buah yang terkenal dengan kelezatannya tersebut banyak sekali di […]
Durian jepara