Inilah 5 Desa Penghasil Kopi Terbaik di Jepara

1
Kopi jepara
Foto instagram @afifahfauzyh salah satu penjual kopi di jepara

Jepara selain terkenal dengan ukirannya, dan juga wisata pantainya ternyata juga terkenal dengan kopinya. Kopi dari jepara ini terkenal kenikmatannya . Di jepara sendiri mempunyai areal pertanaman kopi rakyat yang mencapai 2.429,08 hektar yang mampu menghasilkan produk kopi 919,012 ton pertahunnya. Seiring kemajuannya Kopi jepara dijual tidak hanya berupa biji kering. tetapi juga sudah di olah menjadi kopi sangrai, copi bubuk, copi robusta, arabika hingga kopi arabusta. Berikut 5 desa penghasil kopi terbaik di kota ukir.

1- Kopi Tempur. Desa tempur kecamatan keling kabupaten jepara selain terkenal dengan wisata alamnya. Ternyata juga sebagai desa penghasil kopi organik di jepara. Letaknya yang berada di pegunugan lereng muria sangat subur untuk tanaman kopi. Kopi tempur ini memang sudah sangat terkenal hingga keluar daerah. Pangsa pasar kopi tempur sudah nasional menjadi buruan oleh para pecinta kopi.

Kopi jepara

2- Kopi desa Kunir. Selain desa tempur sebagai desa penghasil kopi. Di desa kunir kecamatan keling kabupaten jepara ini juga sebagai desa penghasil kopi. Desa kunir ini juga letaknya berada di lereng gunung muria yang terkenal tanahnya yang masih subur. Bahkan desa kunir bersa dengan desa tempur telah dicanangkan sebagai desa organik berbasis komoditas kopi.

3- Kopi Sumanding. Desa sumanding kecamatan kembang ini juga merupakan desa penghasil kopi terbaik di kota ukir. Bagaimana tidak karena mayoritas penduduk disana adalah berprofesi sebagai petani kopi. Kopi yang terkenal di desa ini adalah kopi tulen sumanding. Produk kopi ini sudah mulai dipasarkan ke luar daerah bahkan keseluruh indonesia.

4- Kopi Damarwulan. Desa damarwulan kecamatan keling jepara ini juga sebagai desa penghasil kopi. Kopi di desa damarwulan ini diproduksi oleh Kelompok Belajar Usaha Tani Sumber Ngudi Berkah. Kopi Damarwulan ini mempunyai citarasa yang beda dengan kopi lainnya. Jenis kopi robusta yang diproduksi di desa Damarwulan sangat kental dengan rasa yang nikmat. Pangsa pasarnya sudah nasional dan banyak di jual di toko-toko online indonesia.

5- Kopi desa Bucu. Desa bucu kecamatan kembang jepara juga merupakan salah satu desa penghasil kopi terbaik. Kopi bucu mulai dikembangkan oleh kelompok tani mekar sari desa bucu. Mereka mamanfaatkan lahan milik perhutani yang berada di lereng gunung muria. Kelompok tani tersebut berhasil mengolah kopi robusta menjadi kopi berkualitas tinggi. Produk-produk kopi bucu juga sudah mulai di pasarkan keseluruh indonesia.

Baca juga: Inilah 8 Pabrik Garmen Penyerap Ribuan Tenaga Kerja di Jepara

Baca juga : Kursi sudut minimalis asli dari jepara

Bagikan

admin

One thought on “Inilah 5 Desa Penghasil Kopi Terbaik di Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kirab Merah Putih Sepanjang 2 km Meriahkan Hari Santri di Jepara

Sel Okt 22 , 2019
Bendera merah putih sepanjang 2 km dikirab dalam rangka Peringatan hari santri nasional (HSN) di kabupaten jepara. Bendera merah putih tersebut di kirab oleh ratusan anggota banser di jalan desa jinggotan kecamatan kembang jepara. Ribuan warga juga memadati sepanjang jalan untuk menyaksikan kirab dan karnaval hari santri yang diikuti oleh […]
Hari santri jepara