Kirab Merah Putih Sepanjang 2 km Meriahkan Hari Santri di Jepara

Hari santri jepara

Bendera merah putih sepanjang 2 km dikirab dalam rangka Peringatan hari santri nasional (HSN) di kabupaten jepara. Bendera merah putih tersebut di kirab oleh ratusan anggota banser di jalan desa jinggotan kecamatan kembang jepara. Ribuan warga juga memadati sepanjang jalan untuk menyaksikan kirab dan karnaval hari santri yang diikuti oleh para santri.

Peringatan hari di kabupaten jepara pusatkan di lapangan desa jenggotan kecamatan kembang kabupaten jepara berlangsung meriah . Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai dari kemah hari santri yang di laksanakan sejah 20 oktober kemarin. Kemudian acara tasyakuran hari santri yang di ikuti oleh ribuan santri.

Dalam peringatan HSN juga digelar apel upacara hari santri yang di ikuti oleh 2500 santri santriwati yang berasal dari 100 pondok pesantren di kabupaten jepara. Apel hari santri dipimpin langsung oleh PLT bupati jepara dian kristiandi.

Setelah apel hari santri, para santri juga ujuk ketrampilan dalam atraksi seni bela diri silat. Peragaan tari, ikrar hari santri, kirab merah putih dan karnaval santri juga ikut memeriahkan peringatan hari santri.

Hari santri nasional di peringati setiap tanggal 22 oktober setiap tahunnya sesuai KEPRES yang telah di keluarkan presiden jokowi tahun 2014 lalu. Santri mempunyai peran dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia. Salah satu momen perjuangan para santri adalah saat pendiri Nahdatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari menyerukan resolusi jihad pada 22 Oktober 1945. Sehingga setiap tanggal 22 oktober diperingati sebagai hari santri.

Hingga saat ini para santri atau warga NU menjadi salah satu garda terdepan dalam menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia. Seperti dalam slogannya NKRI harga mati. NU juga selalu aktif dalam memerangi paham radikalisme yang bisa merusak keutuhan NKRI.

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ribuan Warga Jepara Gelar Sholat Meminta Hujan

Ming Okt 27 , 2019
Ribuan warga kabupaten jepara menggelar sholat Istisqo atau sholat untuk meminta hujan yang di pusatkan di alun-alun jepara minggu (27/10/2019). Masyarakat tampak antusias mengikuti sholat istisqo tersebut. Sholat istisqo tersebut diikuti ribuan masyarakat dari berbagai elemen seperti PNS, TNI polri, organisasi kemasyarakatan, siswa sekolah, pondok pesantren, hingga masyarakat umum. Sholat […]
Sholat istisqo jepara