Komunitas Bikers Jepara bagikan sembako Dampak Covid-19

Komunitas bikers jepara – Awal tahun 2020 dunia dihebohkan dengan outbreak virus baru yang disebut virus corona atau novel Corona virus 2019 (nCov-19 atau lebih dikenal dengan COVID-19) diduga berasal dari daerah Wuhan di Cina pada Desember 2019. COVID-19 merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS, SARS serta pneumonia. Setiap orang berisiko terinfeksi COVID-19, terutama anak-anak maupun lansia yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Penyebaran virus ini diduga bersumber dari hewan kemudian menginfeksi manusia. Transmisi virus antar manusia ini dapat melalui droplet dari batuk atau bersin serta menyentuh mata, hidung atau mulut setelah menegang barang atau orang yang terkena infeksi COVID-19. Adanya PSBB tentu mengurangi ruang gerak masyarakat apalagi para pekerja yang kesehariannya harus mobile dan bertemu dengan banyak orang. Beberapa industri lumpuh produksi bahkan terpaksa ‘merumahkan’ karyawannya karena kesulitan menjalankan bisnis di masa pandemi COVID-19. Selain meningkatnya jumlah warga yang kehilangan pekerjaan, timbulnya panic buying menyebabkan kelangkaan beberapa bahan makanan, bahkan harga bahan-bahan pokok dan kesehatan (seperti masker, hand sanitizer) menjadi melambung tinggi. Warga yang telah kehilangan pendapatan ditambah pula kesulitan dalam membeli bahan bahan pokok tentunya menyebabkan kualitas hidup mereka menurun. Pemerintah sudah mencoba memberikan bantuan sosial kepada masyarakat desa, namun nyatanya belum semua menerima manfaat tersebut.

Hal ini yang kemudian menimbulkan empati dari masyarakat yang lebih mampu untuk memulai gerakan bakti sosial atau crowdfunding. Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos merupakan salah satu kegiatan hasil dari rasa kemanusiaan yang timbul untuk sesama. Sedangkan crowdfunding atau urun dana (penggalangan dana) merupakan proses mengumpulkan sejumlah dana yang bertujuan untuk menjalankan suatu proyek atau usaha dan umumnya dilakukan secara daring. Kegiatan  yang dimaksud disini adalah peduli dampak virus covid-19 bakti social Komunitas Bikers Jepara Peduli bagikan sembako. Sasaran peserta kegiatan ini adalah masyarakat terdampak covid-19 yang membutuhkan di Desa Kriyan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dan Desa Purwogondo. Dalam pelaksanaan aksi peduli ini berupa pendistribusian sembako yang dilakukan oleh Komunitas Bikers Jepara Peduli. Hasil kegiatan ini adalah Komunitas Bikers Jepara Peduli melakukan pengecekan distribusi secara acak dengan mendatangi beberapa rumah warga.

Komunitas bikers jepara peduli

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan sembako sudah terdistribusi merata di kalangan warga setempat terdampak covid-19. Diharapkan agar warga lebih waspada terhadap berbagai hal yang dapat menyebarkan virus corona, kesadaran warga tehadap kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal, dll.    Komunitas Bikers Jepara Peduli Melaksanakan bakti social yaitu membagikan sembako kepada masyarakat di Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara(25 oktober 2020).

    Bantuan ini diharapkan membantu memperbaiki perekonomian dan meringankan beban warga. Penerima paket sembako dikhususkan untuk warga yang perekonomiannya menurun drastic akibat covid-19,warga yang terpaksa tak dapat bekerja karena adanya covid-19,warga yang perekonomiannya kurang mampu,hingga usia lanjut yang tak lagi memiliki penghasilan. Pelaksanaan baksos ini dilakukan dengan mengunjungi dari rumah kerumah dengan didampingi oleh warga setempat dan tak lupa tetap mematuhi protocol kesehatan.

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh pengetahuan dan kesadaran warga desa yang menjadi sasaran ini mengenai lingkup hidup. Sekitar 50 paket sembako yang dibagikan oleh Komunitas Bikers Jepara Peduli  yang berisikan 5 sarimi, gula pasir 1kg, minyak goreng 1 kg, beras 1 kg, susu 1kaleng dan lain-lain. Sebagai bentuk kepedulian dari Komunitas Bikers Jepara Peduli kepada masyarakat yang terdampak akibat virus covid-19, beberapa anggota turun lapangan untuk melihat kondisi masyarakat yang terdampak virus covid-19 dan membagikan sembako kepada yang membutuhkan. Tak kalah menariknya kegiatan ini didampingi oleh Mahasiswi KKN Uin Walisongo Semarang yang sangat antusias dan mendukung dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Bikers Jepara Peduli. Bakti social pembagian paket sembako ini akan tetap dilakukan sampai pandemic covid-19 berakhir, sementara itu penerima sembako berterima kasih kepada Komunitas Bikers Jepara Peduli atas perhatiannya terkhusus warga yang perekonomiannya rendah, Semoga adanya kepedulian seperti ini diharapkan bantuan sembako ini bisa sedikit membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak virus covid-19 dan juga untuk menggugah masyarakat lainnya untuk bisa lebih peduli kepada tetangganya,keluarganya yang terdampak oleh covid-19 ini.

Beri rating dan ulasan
Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

MAHASISWA KKN DR UIN WALISONGO ADAKAN PELATIHAN PUISI

Sen Nov 16 , 2020
JEPARA (INFO SEPUTAR JEPARA)- Mahasiswa kelompok 20 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguker dari rumah (RDR) ke-75 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan pelatihan puisi dan pelatihan musikalisasi puisi terhadap anak-anak di taman baca capung (cerdaskan anak kampung) . (6/11) Kegiatan ini bekerjasama dengan taman baca Capung (cerdaskan anak kampung) […]