Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berikan Pelatihan Membuat Kue Donat

(Mahasiswa KKN lakukan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan usaha)

Jepara, Linda Rahayu Ningish mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang lakukan pemberdayaan masyarakat kepada salah satu di desa Bawu yaitu ibu Ida. Kegiatan berupa pelatihan pengembahan usaha yang sudah dimilki bu Ida. Yaitu pembuatan donat dan minuman cepat saji, kegiatan dilaksanakan pada Minggu (8/11/2020) di Rumah bu Ida RT.06 RW.01 Desa Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan ekomoni masyarakat di masa pandemi dan mengajak bu Ida untuk mengembangkan usahanya bukannya hanya jualan di rumah saja tetapi juga melalui jejaring social, mengingat di masa pandemic dan revolusi industry 4.0 ini social media semakin maju, sehingga bisa mengembangkan usahanya lewat online.

” Kegiatan pemberdayaan ini dilakukan untuk membantu bu Ida mengembangkan usahanya, seperti yang kita tahu selama pandemi ini kan ekonomi masyarakat yang mulai melemah jadi perlu trik trik agar usaha tetep berjalan dengan baik dan tambah maju, diantaranya disamping jualan dirumah bisa ditambahkan jualan di social media salah satunya yaitu facebook dan instagram” kata Linda.

Mahasiswa kkn uin walisongo

Selain pelatihan usaha online, Linda juga memberikan beberapa masukan terkait pengembangan usaha bu Ida dan cocok selama pandemic seperti ini yaitu, penambahan menu, pengemasan dan bentuk dari makanan yang dijual, dan pemasaran jualan/ leaflet. Untuk desain pemasaran Linda memberikan pelatihan dengan aplikasi Canva, karena didalam aplikasi canva sudah ada tempalt sehingga Ibu Ida akan mudah dalam membuat desain.

“sasaran dari penjualan ini kan anak anak dan remaja, tentunya banyak aspek yang bisa dikembangkan yaitu penambahan menu, pengemasan dan pemasaran. Selain itu bentuk dari makanan juga perlu dikembangkan karena anak anak kan suka bentuk bentuk yang lucu dan harga yang terjangkau. Seperti donat di ganti sate donat dan bolu kukus dibentuk es roti kukus.

“Bu ida mengaku senang dengan adanya kegiatan ini, karena mendapat pengetahuan baru dan ilmu baru dalam usaha yang baru dirintasnya selama pandemi. “Alhamdulillh senang sekali, saya dapat ilmu dan pengetahuan baru, semoga usaha bisa lebih maju, saya mengucapkan terimakasih banyak sudah dibantu untuk pengembangan usaha kecil kecilan saya dan semoga bisa lebih besar”

Linda Rahayuningsih mahasiswa kkn uin walisongo semarang

Beri rating dan ulasan

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

KKN UIN WALISONGO Dan KKN UMK Kudus Adakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Bersama Warga

Sen Nov 9 , 2020
Jepara 2020. Mahasiswa KKN UIN WALISONGO Semarang kelompok 56 bersama KKN UMK Kudus membuat kegiatan pelatihan pembuatan handsanitizer di desa Tritis Nalumsari Jepara. Minggu, (25 Oktober 2020). Pelaksanaan pelatihan diawali dengan mengumpulkan warga sekitar rumah, dengan bahan-bahan alami yang sudah kami siapkan. Pelatihan ini berjalan sesuai protokol kesehatan yaitu cuci […]