Masjid Mantingan Salah Satu Masjid Tertua Di Indonesia

1
Masjid mantingan
Masjid makam mantingan jepars salah satu masjid tertua yang ada di indonesua

Orang jepara pasti sudah tidak asing lagi dengan masjid yang satu ini. Ya yaitu masjid mantingan jepara . Salah satu masjid tertua yang ada di indonesia. Sesuai dengan namanya masjid ini berada di desa mantingan kecamatan tahunan kabupaten jepara. Atau kalau dari pusat kota jepara ke selatan sekitar 5 km.

Masjid ini juga di sebut-sebut sebagai masjid tertua yang ada di pulau jawa setelah masjid agung demak dan masjid menara sunan kudus. Masjid yang penuh sejarah ini di bangun pada tahun 1559 atau pada masa kerajaan islam demak. Saat itu jepara di pimpin oleh Ratu Kalinyamat putri dari kerajaan Demak Sultan Trenggono. Masjid Mantingan ini dibangun sebagai persembahan Ratu Kalinyamat untuk suaminya tercinta yaitu Sultan Hadlirin yang tewas setelah perselisihan dengan arya penangsang. Di komplek masjid ini terdapat makam sultan hadirin, ratu kalinyamat,

Masjid ini mempunyai bentuk bangunan yang sangat unik ya seperti masih akulturasi dengan hindu budha yaitu atapnya yang berundak tiga, dan gapura-gapura di komplek makam yang seperti berbentuk candi kerajaan hindu-budha. Dinding-dinding masjid juga dihiasi dengan ukir-ukiran relief. Dan juga lantainya terbuat dari marmer yang konon di datangkan lansgsung dari negeri china.

Komlek makam mantingan dengan bangunan menyerupai gapura keraton kerajaan hindu budha

Masjid mantingan ini juga dulunya sebagai tempat penyebaran agama islam di tanah jawa khususnya jepara. Terbukti pada abad ke 15 masyarakat jepara yang mayoritas beragama hindu dan budha kini sudah menjadi mayoritas beragama islam.

Di komplek makam mantingan ini juga ada mitosnya yaitu pohon pace dan air keramat mantingan. Mitosnya orang yang sudah lama menikah tapi belum juga di karuniahi keturunan. Terus berziarah dan membawa pulang buah pace dari sana terus di makan dirumah bersana istrinya. Maka doanya akan terkabulkan atas izin Allah. Sedangkan air keramat mantingan di percaya di percaya sebagai air kejujuran.

Masjid yang juga di sebut sebagai Masjid Astana Sultan Hadlirin ini merupakah tempat wisata sejarah atau wisata religi. Setiap harinya selalu ada wisatawan atau peziarah yang datang kesini baik peziarah dari warga jepara sendiri maupun dari luar kota. Terutama saat malam jumat dan bulan-bulan tertentu seperti bulan ruwah dan bulan suro selalu di padati peziarah.

Biasanya warga jepara kalau mau berziarah ke luar kota pasti mampir ke makam masjid mantingan ini. Selain berziarah mereka biasanya untuk ngalap berkah dan juga mencari keridhoan kepada sang pencipta.

Masjid makam mantingan ini juga ramai saat acara hari jadi jepara. Karena ada acara kirab budaya buka luwur. Yaitu pembersihan pusaka-pusaka ratu kalinyamat dan makam sultan hadirin. Saat bukan rabiul awal juga ada haul sultan hadirin biasanya banyak kegiatan, seperti bazar, lomba-lonba islami dan pengajian umum.

Itulah sedikit ulasan tetang masjid dan komplek makam mantingan. Meskipun usianya sudah ratusan tahun, namun hingga saat ini kondisinya masih tetap terjaga. Semoga komplek cagar budaya ini bisa terus dilestarikan untuk anak cucu kita nanti.

Beri rating dan ulasan

Bagikan

admin

One thought on “Masjid Mantingan Salah Satu Masjid Tertua Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Petilasan Sonder Tempat Topo Wudo Ratu Kalinyamat

Sab Jan 11 , 2020
Petilasan Sonder ini adalah salah satu tempat wisata sejarah yang ada di kabupaten jepara gaes. Tempat ini merupakan tempat petilasan ratu kalinyamat tepatnya tempat sang ratu melakukan topo wudo setelah suaminya sultan hadirin di bunuh oleh aryo penangsang. Tempat wisata sejarah petilasan ratu kalinyamat ini berada di dusun Sonder ini […]
Ratu kalinyamat