Melihat Masjid dan Gereja Berhadapan Di Desa Tempur

Masjid desa tempur
Masjid dan gereja desa tempur
Foto: facebook

Desa tempur kecamatan keling kabupaten jepara selain terkenal dengan wisata alamnya. Yang terkenal dengan wisata desa tempur. Ternyata juga terkenal dengan keberagaman dan toleransinya nya. Salah satunya yang unik yaitu ada sebuah masjid dan gereja di desa tempur yang dibangun dengan berhadap-hadapan. Masjid dan gereja ini hanya dipisahkan oleh jalan desa yang lebarnya kurang dari 5 meter. Meskipun begitu masyarakat di sana tetap hidup rukun secara beedampingan.

Masjid Nurul Hikmah dan gereja (GITJ) yang terletak di dukuh perkoso desa tempur ini sudah ada sejak dulu. Warga juga sudah membuat kesepakatan tertulis antara umat muslim dan kristen yang isinya untuk saling menghormati satu dengan yang lainnya . Untuk waktu ibadah mereka sepakat bergantian yaitu umat islam dulu baru umat kristen. Misalnya saat umat muslim beribadah seperti sholat. Setelah sholat selesai baru umat kristen bergantian beribadah ke kerejanya.

Saat hari besar seperti saat perayaan natal disana warga muslim juga di undang . Begitu juga saat hari raya idul fitri warga muslim juga mengundang warga umat kristen untuk silaturrahmi dan bermaaf-maafan. Tak hanya itu bahkan saat ada acara seperti hajatan atau pengajian umat kristen salalu di undang dan mereka pun selalu datang saat ada pengajuan.

Toleransi dan kebersamaan sangat kuat di sana . Seoerti dlam hal gotong-royong meskipun berbeda keyakinan mereka tetap saling membantu. Seperti saat renovasi masjid umat kristen ikut gotong-royong membangun masjid bahkan mereka ikut menyumbang untuk pembangunan masjid tersebut.

Toleransi dan keberagaman disana patut di contoh bagamana tidak. Masjid dan gereja di desa tempur di bangun secara berhadap-hadapan dengan masyarakatnya yang tetap rukun saling menghormati satu sama lain meskipun mereka berbeda keyakinan. Dengan adanya perbedaan jangan di jadikan sebagai permusuhan. Tetapi jadikanlah perbedaan sebagai tali silaturrahmi untuk memperkuat persaudaraan. Dengan adannya perbedaan akan menjadi lebih berwarna karena kita hidup di negara indonesi dengan semboyannya yaitu Bhinneka Tunggal . Meskipun kita berbeda-beda kita tetap satu juga yaitu indonesia.

Baca juga: Gunung Udel Gunung Terkecil di Dunia

Beri rating dan ulasan

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Protein Band Legendaris Asal Jepara, Ngehits Pada Zamannya

Jum Sep 27 , 2019
Anak jepara yang lahir tahun 90 – 80an pasti tahu dengan group band yang satu ini. Ya mereka adalah Protein band group band legendaris asal kabupaten jepara jawa tengah. Group band ini pernah ngehits pada zamannya yaitu sekitar tahun 2000an awal. Saat zaman band-band seperti sheilla on7, jamrud, dewa 19, […]
Protein band