Pondok Pesantren Balekambang Pesantren Tertua Di Jepara

Foto: ponpes balekambang

Kabupaten jepara merupakan salah satu tempat penyebaran islam di pulau jawa. Agama islam berkembang pesat disini terbukti dengan banyaknya pondok pesantren di kota ukir ini. Salah satunya yaitu Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin balekambang yang merupakan pondok pesantren tertua di jepara.

Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang jepara ini berdiri pada tahun 1884 yang di dirikan oleh Syeh KH. Hasbullah. Pondok pesantren ini berada di Balekambang, RT. 02 RW. 07, desa Gemiring Lor, Kecamatan Nalumsari, kabupaten jepara. Banyak yang menyebut pondok pesantren ini sebagai pondok pesantren mewah bukan karena bangunannya, melainkan tempatnya yang mepet sawah atau dekat dengan area persawahan.

Pondok pesantren balekambang jepara

Dulunya saat di asuh oleh syeh Kh. Hasbullah pondok pesantren ini hanya memiliki 100 santri. Kini bawah asuhan KH. Ma’mun yang nerupakan cucu dari syeh KH. Hasbulloh Pesantren Balekambang mengalami perkembangan pesat dengan memiliki 3.000 santri. Dengan mengadopsi sistem pembelajaran modern dipadukan dengan pesantren menjadikan pondok ini menjadi pesantren favorit di kabupaten jepara. Para santrinya tidak hanya dari jepara tapi juga dari luar jepara bahkan seluruh indonesia.

Awal mula berkembang Pesantren ini membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2003 dengan Jurusan Elektronika. Kemudian pada tahun 2007 menambah 2 jurusan lagi, yaitu Mekanik dan Tata Busana. Tahun 2010 membuka jurusan Teknik komputer dan jaringan dan pada tahun 2013 membuka jurusan Animasi dan Tata Boga.

Selain SMK di pondok pesantren balekambang ini juga membuka pebdidikan mulai dari MI, MTs, Aliyyah, Tahfidz, Ma’had Aly dan Madrasah Diniyah.

Sementara untuk ekstrakulikuler di pesantren ini yaitu ada Tahfidz, marawis atau hadrah, kitab kuning, jurnalistik, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, pertanian, kaligrafi, pencak silat, basket ball, voli ball, sepakbola, dan marching band.

Di pondok pesantren ini juga dilengkapi fasilitas yang menunjang yaitu masjid, gedung sekolah, asrama, perpustakaan, labolatorium, klinik kesehatan, aula, hingga lapangan.

Itulah sedikit ulasan tentang ponpes balekambang jepara. Semoga bisa menjadi tempat mendidik anak yang berilmu dan berakhlak untuk bekal masa depan kita.

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Asal-usul Desa Robayan Jepara, Mbah Roboyo Babat Alas

Ming Mei 3 , 2020
Desa robayan merupakah salah satu desa yang ada di kecamatan kalinyamatan kabupaten jepara. Di desa ini merupakan tempat penyebaran islam di jepara. Itu di tandai dengan adanya masjid tua yaitu masjid Baiturrohman yang konon dibangun pada masa penjajahan belanda. Asal-usul Mbah roboyo merupakan seorang tokoh islam yang babat alas di […]
Desa robayan