Prosesi Buka Luwur Hari Jadi Jepara Berlangsung Sederhana

Jika pada tahun-tahun sebelumnya prosesi buka luwur peringatan hari jadi jepara berlangsung meriah. Namun karena tahun ini ada wabah virus corona, prosesi buka luwur hari jadi tahun ini dilakukan dengan sederhana.

Buka luwur jepara
Prosesi buka luwur hari jadi jepara ke 471
Foto: @humas.resjepara

Prosesi buka luwur hari jadi jepara ke 471 tahun 2020 kompleks Masjid dan Makam Mantingan, Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan Jepara, Kamis sore (9/4/2020). Prosesi hanya di ikuti oleh PLT Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama puluhan pejabat terkait.

Meski ada wabah corona prosesi buka luwur tetap di gelar namun tetap dengan ptotokoler kesehatan. Para peserta diharuskan cuci tanggan dan juga menggunakan masker penutup wajah. Acara dimulai dengan santunan anak yatim di serambi masjid astana, kemudian dilanjutkan dengan prosesi penggantian luwur di makam sultan hadirin mantingan. Dilanjutkan dengan doa bersama kepada Allah agar masyarakat diberi keselamatan dan wabah virus corona segera hilang dari indonesia.

Seperti di ketahui prosesi buka luwur setiap tahunnya selalu berlangsung meriah. Bahkan acara ini selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat jepara. Biasanya ada banyak sekali kegiatannya mulai dari penyerahan luwur, tari-tarian khas jepara, hingga arak-arakan ratu kalinyamat dari pendopo kabupaten menuju makam mantingan.

Meski di gelar sederhana, namun prosesi buka luwur tahun ini berlangsung dengan khidmat tanpa menghilangkan tradisi yang sudah ada.

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terkait Covid-19, PLT Bupati Minta Masyarakat Jujur Dan Terbuka

Jum Apr 10 , 2020
PLT Bupati Jepara dian Kristiadi menggelar rapat terbatas dengan satgas penanggulangan covid-19 jepara jumat (9/4/2020). Dalam kesempatan tersebut PLT Bupati membenarkan ada 2 kasus positif virus corona covid-19 di kabupaten jepara. Yaitu yang pertama pasien dari desa kelet yang meninggal di Rumah sakit Columbia asia semarang. Dan yang ke dua […]