Pulang Kampung Mahasiswa KKN Universitas Tidar Berikan Edukasi Pencegahan Covid-19 Kepada Warga

Kkn universitas tidar

KKN di Masa Pandemi bersama Mahasiswa Universitas Tidar. Pada tahun 2020 ini, Universitas Tidar yang terletak di Kota Magelang melakukan pelaksanaan KKN periode pertamanya untuk mahasiswa angkatan 2017. Namun, KKN yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Juli-20 Agustus 2020 ini sayangnya harus dilaksanakan di daerah masing-masing karena adanya pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini. Selain itu, tema yang diambil untuk KKN kali ini berkaitan juga dengan Covid 19. Hal itu disebabkan agar kegiatan KKN ini dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam pencegahan dan penyebaran Covid 19 serta membantu yang terdampak Covid 19.

Salah satu contoh pelaksanaan KKN Universitas Tidar yang dilaksanakan di daerah masing-masing adalah Tim KKN Kabupaten Jepara. Terdapat 16 mahasiswa semester 7 dari Tim KKN Kabupaten Jepara yang terbagi menjadi empat kelompok KKN yang telah ditentukan oleh kampus. Yaitu ada Tim KKN Bandengan, Tim KKN Srobyong, Tim KKN Jambu Timur dan Tim KKN Bangsri.

Tim Bandengan terdiri dari 4 mahasiswa, yaitu Alvin Syarif, M. Ilham Setiya Aji, Heny S.A. dan Naimatul Wafiyah. Mereka melakukan kegiatan KKN di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Salah satu kegiatan KKN dari Tim Bandengan ini adalah pembagian masker kepada masyarakat Desa Bandengan terutama di tempat umum, seperti di pasar. Selain itu, mereka juga mengedukasi masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan pemerintah Hal itu dilakukan agar masyarakat setempat sadar akan pentingnya memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid 19.

Kkn universitas tidar

Kemudian ada Tim Srobyong yang terdiri 4 anggota, yaitu M. Faishal Akram, Lailia Dwi Khasanatin, Lisa Nurmaningsih dan Ina Ulfitri. Desa Srobyong,Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara menjadi desa sasaran pelaksanaan KKN tim ini. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim Srobyong adalah pembuatan dan pembagian tempat cuci tangan dan sabun di tempat umum. Mereka memanfaatkan kaleng cat bekas yang disulap menjadi tempat cuci tangan yang dibagikan ke warung, masjid, pos kamling, makam, dan juga pasar.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat desa setempat untuk rajin mencuci tangan sebagai upaya pencegahan Covid 19. Tim yang ketiga yaitu Tim Jambu Timur. Tim ini memiliki 5 anggota, yaitu Dina Amalia Fatma, Richa Rizqi Fajri, Dewi Rustiana, Zidna Hikmatal Maula, dan Alfian Listyanto.Tim ini memilih Desa Jambu Timur,Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara sebagai desa pelaksanaan KKN mereka. Salah satu kegiatan yang dilakukan tim ini adalah penyebaran poster tentang pencegahan Covid 19 melalui media sosial dan tempat umum seperti di masid, sekolah, dan jalanan desa serta pembuatan video iklan layanan masyarakat tentang protokol keluar dan masuk rumah di masa pandemi yang di upload di Youtube . Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat selalu ingat untuk waspada dan tidak menganggap remeh terhadap Covid 19 ini.

Tim yang terakhir adalah Tim Bangsri yang terdiri dari 3 mahasiswa, yaitu M. Yusrul Falah, Rahma Nur Fauziyah dan Bagus Furqon Alfansyah. Tim ini melakukan KKN di Desa Banjaran,Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Pelatihan digital marketing di tengah pandemi Covid 19 kepada Kelompok Batik PKK adalah salah satu kegiatan KKN mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih masyarakat setempat dalam menggunakan digital marketing untuk perkembangan usaha mereka, dan juga solusi pemasaran yang efektif di tengah pandemi Covid 19 ini.

Itulah rangkuman kegiatan KKN yang dilakukan oleh Tim KKN Kabupaten Jepara. Semoga kegiatan yang dilakukan tim KKN Kabupaten Jepara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa setempat dan membantu pemerintah dalam pencegahan Covid 19 ini.

Baca juga: Tim KKN UPGRIS Adakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Dan Pembibitan Buah Tin

Baca juga: Mahasiswa KKN UPGRIS Adakan Pelatihan Catering Wingko Singkong di Desa Mantingan

Beri rating dan ulasan

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Jackcottage Kafe Hits Ditengah Pegunungan Desa Wisata Tempur

Jum Agu 21 , 2020
Desa tempur kecamatan keling kabupaten jepara jawa tengah merupakan salah satu desa wisata yang ada di kota ukir. Desa ini menawarkan keindahan pegunungan lereng gunung muria. Udaranya yang masih sejuk, masih hijau, dengan view pegunungan serta jauh hiruk pikuk perkotaan membuat desa ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Desa […]
Jackcottage