Tradisi Warga Jepara Nanggap Bioskop

Bioskop jepara
Warga jepara sedang menonton bioskop layar tancep di pesta hajatan

Warga kabupaten jepara jawa tengah tak mau kalah dengan kota tetangga soal hiburannya khususnya yaitu bioskop. Kalau di kota tetangga seperti kudus warga di sana kalau mau nonton bioskop harus ke mall dan bayar mahal lagi. Namun warga kota ukir itu lebih royal lagi karena mereka tak sekedar nonton ke mall tapi mereka menyewa pribadi bioskopnya alias layar tancep. Itu adalah tradisi di jepara saat punya hajatan nduwe gawe mantu ataupun nyunat mereka nanggap layar tancap alias bioskop.

Saat warga jepara punya hajatan pesta pernikahan atau nyunat. Biasanya warga kota ukir menyewa layar tancep atau bioskop rakyat untuk meramaikan pesta nduwe gawe tersebut. Tradisi itu sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Karena memang biayanya yang murah juga karena sudah bisa meramaikan suasana. Biasanya warga memutar musik orkes dan ketoprak humor di layar tancep dengan suara keras untuk menghibur para tamu undangan. Tradisi ini sudah menjadi hal wajib di setiap hajatan nduwe gawe di kota jepara.

Bioskop Mutiara Jepara

Kabupaten jepara sendiri sebenarnya dulu sekitar tahun 90an mempunyai gedung bioskop sendiri. Warga kota ukir mengenalnya sebagai bioskop mutiara. Lokasinya berada di jl. Diponegoro selatan alun-alun jepara atau kawasan pecinan. Bioskop ini menjadi hiburan tersendiri warga kota ukir pencinta film kala itu. Namun sayang bioskop yang dikelola oleh perusda jepara tersebut harus gulung layar. Pada tahun 2006 tepatnya bioskop teesebut berhenti beroperasi karena kalah dengan pertelivisian nasional yang gegap gempita. Bioskop mutiara tersebut kini tinggal kenangan banyak warga yang merindukan keberadaan bioskop tersebut.

Kini gedung bioskop mutiara tersebut sudah dirobohkan. Menurut informasi lahan bekas bioskop tersebut sekarang di sewa oleh pihak ketiga untuk di jadikan pusat oleh-oleh dan penginapan.

Meski kota ukir sekarang tak mepunyai gedung bioskop sendiri namun masyarakat tak perlu khawatir. Ya karena sekarang ada tradisi nanggap layar tancep saat pesta hajatan warga jepara. Warga jepara masih bisa nonton bioskop rame-rame bareng teman dan keluarga di acara pesta hajatan tersebut.

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pecah Konser Tami Aulia Di Banjiri Penonton

Jum Nov 22 , 2019
Konser penyanyi cover youtube tami aulia di pantai kartini jepara di banjiri ribuan penonton karena gratis jumat (22/11/2019). Para penonton dari kalangan anak muda ini sudah memadati lapangan pantai kartini sejak sore. Mereka tak sabar untuk menyaksikan penyanyi idolanya tampil di atas panggung. Acara yang di mulai pukul 18.00 tersebut […]
Tami aulia