Unik mobil kayu karya warga tukakan jepara

Mobil kayu jepara
8

Jepara – sebuah mobil unik karya seniman asli jepara yaitu Rusidi warga dukuh Pejing Rt 03 Rw 09 Desa Tulakan Kecamatan Donorojo jepara yang membuatnya. Mobil berbentuk Kijang ini memang unik karena 99 persen bahannya di buat dari kayu jati TPK dengan kualitas tinggi. Tak hanya sebagai pajangan mobil kayu unik ini juga bisa berjalan seperti mobil umumnya dengan menggunakan bahan bakar.

Kang rosidi membuat mobil antik dari kayu ini sekitar 2 tahun lalu yang awalnya cuma iseng. Dia menghabiskan 5 kubik jati TPK untuk membuat mobil ini. Semua dikerjakan sendiri dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Mobil ini semua full terbuat dari kayu jati kecuali bagian ban, sesis dan mesin. Mobil ini bisa berjalan seperti mobil beneran karena mesinnya menggunakan mesin mobil doyok kijang.

Mobil kayu ini juga di hiasi dengan ukir-ukiran dan ornamen-ornamen kayu khas jepara yang tentunya menambah kesan klasik di mobil ini. Namun untuk sosis dan mesinnya tetap menggunakan dari bawaan asli mobilnya.

” Awalnya cuma iseng buat-buat mas. Dulu Sempat tidak didukung keluarganya. Namun setelah hasilnya menghasilkan karya yang luar biasa akhirnya istri ikut senang dan merestui juga.” Jelasnya.

Selain membuat mobil antik dari kayu jati jepara. Kang rosidi juga membuat sepeda motor dari full kayu. Motor kayu antik milik kang rosidi ini di kerjakan sekitar 7 bulanan. Motor kayu ini juga bisa berjalan seperti motor pada umumnya, karena menggunakan basic mesin motor honda supra.“Kalau motornya udah jadi 100 persen. Sementara untuk mobilnya masih 80 persen. Tinggal perbaikan-perbaikan dan finishing akhir.” Jelasnya.

Ya jepara memang tak pernah kehabisan soal karya seni dan juga seniman ukirnya yang sudah terkenal hingga mana negara.

Bagikan

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KKN IK IAIN Kudus Gelar Seminar Moderasi Beragama

Sab Sep 25 , 2021
Jepara – Mahasiswa KKN – IAIN Kudus mengelar seminar tentang Moderasi Beragama yang bertemakan “Mewujudkan Moderasi Beragama dalam Masyarakat Homogen pada Era Digital” kepada masyarakat Desa Tedunan di Musholla Roudlotul Muttaqin pada Senin, 20 September 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh pemuda Desa Tedunan khususnya anggota IPNU – IPPNU Ranting Tedunan, […]
Kkn iain kudus